SkyBender : Drone Penyebar 5G Dari Google

SkyBender merupakan salah satu proyek Google untuk menyebarkan internet 5G menggunakan drone dengan tenaga surya. Setelah sebelumnya Google juga sudah mengembangkan proyek Google Loon yang dimana pada proyek tersebut menggunakan balon udara untuk menyebarkan sinyal 4G.

Project SkyBender

Berdasarkan dari The Guardian Google dilaporkan menyewa 15.000 kaki persegi untuk melakukan uji coba SkyBender di landasan pesawat luar angkasa Amerika, di New Mexico. Berbeda dengan proyek sebelumnya yaitu Google Loon, pada proyek kali ini akan memancarkan internet 5G dengan menggunakan teknologi milimeter wave.

Apakah perbedaannya dengan 4G? Dengan menggunakan milimeter wave internet 5G yang dipancarkan nantinya diperkirakan akan 40 kali lebih cepat dari internet 4G. Dengan adanya proyek SkyBender dari Google ini tentunya akan sangat membantu daerah – daerah yang masih belum mendapatkan atau kesulitan mendapatkan sinyal internet.

Google Project SkyBender

Penyebaran sinyal menggunakan teknologi milimeter wave jaraknya lebih dekat atau tidak begitu jauh jika dibandingkan dengan sinyal smartphone yang saat ini digunakan dan selain itu juga milimeter wave ini dikatakan mudah untuk terganggu oleh cuaca seperti hujan, kabut, dan juga salju.