Overwatch : Game FPS Baru Besutan Blizzard Entertainment

Nama Blizzard Entertainment pastinya sudah tidak asing lagi bagi gamer, World of Warcraft, StarCraft II, Hearthstone, dan Heroes of the Strom merupakan beberapa judul game yang dimiliki oleh Blizzard Entertainment. Kali ini Blizzard Entertainment mengeluarkan game terbaru mereka yang bergenre FPS, yaitu Overwatch. Overwatch sudah memasuki closed beta namun hanya untuk yang memiliki undangan saja.

Overwatch merupakan team based shooter dimana tiap team akan terdiri dari 6 pemain yang akan saling bertarung dengan nuansa sci-fi yang kuat. Overwatch menyediakan cukup banyak karakter yang dapat dimainkan, dan yang pasti tiap karakter akan memiliki skill dan role yang berbeda saat game. Terdapat 4 role dasar yang dapat digunakan sebagai kombinasi agar team menjadi solid saat pertempuran

overwatch-heroes

Ada Offense yang dapat dikatakan sebagai penyerang atau hitter bagi team, Defense yang merupakan sebagai pertahanan dan memiliki skill yang dapat digunakan untuk bertahan misalnya membangun sentry gun, Tank yang tentunya akan menjadi tanker dan sasaran serang bagi musuh agar offense dapat menyerang dengan mudah tanpa halangan dan selain itu juga bisa menggunakan tameng untuk melindungi team, dan terakhir ada Support yang akan siap membantu dengan skillnya seperti heal dan dapat menghidupkan kembali karakter yang mati.

Untuk saat ini dalam Overwatch terdapat 2 mode yang dapat dimainkan, yaitu Payload dan Point Capture. Payload mengharuskan team penyerang untuk memindahkan payload ke tempat yang sudah ditentukan sedangkan tugas dari team bertahan adalah untuk menghalangi hal tersebut sampai waktu habis maka team bertahan akan menang.

Point Capture mengharuskan team penyerang untuk mengambil alih wilayah team yang bertahan, jika semua point berhasil diambil alih maka team penyerang akan menang namun jika point gagal untuk diambil alih dalam waktu yang sudah ditentukan maka team bertahan yang akan menang, pemain juga dapat mengganti karakter tiap akan respawn pada Overwatch.

Jika dilihat dari game playnya, Overwatch sepertinya akan menjadi salah satu dari game yang diperlombakan atau dijadikan esport. karena gamenya sendiri cukup kompetitif dan dengan diberikannya role pada tiap karakter menambah kecocokan bagi Overwatch untuk menjadi salah satu game esport. Selain itu game ini juga memerlukan skill, kerjasama, dan strategi yang baik dari team agar dapat memenangkan game yang hampir sama juga dengan hal yang dibutuhkan dalam game berjenis MOBA seperti LoL atau Dota 2. Begitulah pendapat dari mimin pribadi, yang dalam waktu tertentu game ini akan menjadi esport yang banyak dipertandingkan.

Berdasarkan website battle.net berikut adalah spesifikasi PC agar dapat memainkan Overwatch :

Minimum (targeting 30fps):
Operating system: Windows Vista/7/ 8/10 64-bit (latest Service Pack)
Processor: Intel Core i3 or AMD Phenom X3 865
Video: Nvidia GeForce GTX 460, ATI Radeon HD 4850, or Intel HD Graphics 4400
Memory: 768 MB VRAM, 4 GB System RAM
Storage: 7200 RPM with 5 GB available HD space

Recommended (targeting 60fps on Medium settings):
Operating system: Windows Vista/7/ 8/10 64-bit (latest Service Pack)
Processor: Intel Core i5 or AMD Phenom II X3, 2.8 GHz
Video: Nvidia GeForce GTX 660 or ATI Radeon HD 7950
Memory: 2 GB VRAM, 6 GB System RAM
Storage: 7200 RPM with 5 GB available HD space